Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Friday, May 20, 2016

Hadis-hadis Malam Nishfu Sya'ban Yang Dinilai Sahih/Hasan Oleh Ulama Salafi

Hadis-hadis Malam Nishfu Sya'ban Yang Dinilai Sahih/Hasan Oleh Ulama Salafi

Syaikh Bin Baz dan kawan-kawannya menilai kebanyakan hadis-hadis Nishfu Sya'ban adalah dlaif, bahkan palsu. Kawannya yang lain justru banyak menilai sahih atau hasan, yaitu Syaikh Albani. Terbukti di kitab al-Jami' al-Shaghir kumpulan hadis karya al-Hafidz Jalaluddin Abdurrahman al-Suyuthi, beliau mentakhrijnya dan banyak menilai hasan:

  إن الله يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان فيغفر للمؤمنين ويملي للكافرين ويدع أهل الحقد بحقدهم حتى يدعوه (طب) عن أبي ثعلبة

Hadis: Sesungguhnya Allah melihat hamba-Nya di malam Nishfu Sya'ban. Maka Allah mengampuni orang-orang Mukmin, menangguhkan orang-orang kafir, membiarkan para pendengki dengan kedengkiannya hingga mereka meninggalkannya (HR Thabrani dari Abu Tsa'labah)
Syaikh Albani: Hasan

إن الله تعالى ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن (هـ) عن أبي موسى

Hadis: Sesungguhnya Allah melihat hamba-Nya di malam Nishfu Sya'ban, maka Allah memberi ampunan kepada semua makhluk Nya, kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang menebar kebencian (HR Ibnu Majah dari Abu Musa)
Syaikh Albani: Hasan

  في ليلة النصف من شعبان يغفر الله لأهل الأرض إلا لمشرك أو مشاحن (هب) عن كثير بن مرة الحضرمي مرسلا.

Hadis: Di malam Nishfu Sya'ban, Allah mengampuni penduduk bumi kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang menebar kebencia (HR al-Baihaqi dalam Syuab al-Iman dari Katsir bin Murrah secara Mursal)
Syaikh Albani: Sahih

Bidahkah jika mengamalkan hadis sahih/hasan?

No comments: