Suatu ketika di sebuah warung kopi ustadz jawaz dan Mukidi ngopi bareng
Mereka duduk dipojokan lalu terjadilah dialog sebagai berikut.
Jawaz:” Ahlul Bid’ah Memang Selalu ngeyèl.. sudah tahu arti dari Hadits Kullu itu maknanya Setiap,, Masih aja berdalih kalo maknanya adalah sebagian.. Pake membaginya menjadi hasanah dan sayyiah lagi.. Dasar bodoh…!!
Mukidi : “hadeuh.. Lo Waz..Ini dari tahun satu ampè gini hari… Yg laèn udah pada terbang kebulan… lo masih sibuuuuk aje ngebahas kullu itu maknanye setiap atau sebagian…
Jawaz :”Tp bener kan ? .. Arti Kullu itu maknanya Setiap bukan sebagian ?
Mukidi :” Sebenarnya anè males bahasnya Waz.. Kan udah puluhan kali hadits itu di kaji dengan berbagai Disiplin ilmu dari Nahwu,,Ma’ani,bayan sampai Mantiqnya,, Masa masih belum faham juga sih ??
Jawaz :”Iyèe tapi kan Itu cuma menurut pendapat Ulama-ulama Aswaja saja
,, yang namanya pendapat ulama pasti beda-beda. Kecuali Al Qur’an dan hadist..tuh baru ok ..
Mukidi : ” Oooh jadi ceritanye lo pengen dalil yang dari Al Qur’an Langsung ye ?
Abu Tsani :”kuntul ga sekolah " bener, Gak saleh., coba ente tunjukin kalo emang entè punya…!!
Mukidi :” wookeee .. Buka tu kuping lo Lebar-lebar ye…
Di dalam Al -Qur’an ada ayat yg begini bunyinya:
وجعلنا من الماء كل شيء حي أفلا يؤمنون
Lo tau artinya??
Jawaz: ntar ana buka dulu di google.. Oh ya ni Terjemahanya :”Dan telah Kami jadikan dari Air SETIAP sesuatu yang hidup Apakah kamu masih tidak beriman ?.”
Mukidi: "Nah sekarang lo yaqin dengan Ayat Itu ?
Jawaz :”Ya pasti yaqin lah…
Mukidi :”ape lo jg yakin klo arti KULLU dalam ayat itu artinya SETIAP ?
Setiap mahluq yg hidup diciptakan dr Air ?… Baik air yg sudah menjadi Mani atau Air saripati bumi yg diserap tumbuhan ?
Jawaz :”Percaya 2000% …kan dari qur'an..
Mukidi: “Tanpa Kecuali ?
Abu Tsani :”dalam Ayatnya juga nggak ada kata kecuali”
Mukidi :” siip, ..baek klo gitu Sekarang gue Mau Tanya Sama situ ..
Apakah nabi Adam, IBLIS ,Malaikat dan Jin juga diciptakan dari Air ??
Jawaz :”….(merenung sambil ngelus jidatnya) ..ya tentu Tidak… iblis tercipta dari Api, malaikat dari Nur/cahaya….
Mukidi :” Berarti Kullu dalil diatas itu artinya Setiap tapi Maknanya Sebagian toh ??
karena didalam Ayat laen
قل آنا خير منه ﺧﻠﻘﺘﻨﻲ ﻣﻦﻧﺎﺭ ﻭﺧﻠﻘﺘﻪ ﻣﻦ ﻃﻴﻦ
artinya :”Iblis menjawab, “Aku lebih baik daripadanya(Adam), karena Engkau ciptakan aku dari API,sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.” QS. Shad:76.
Jawaz :”Ane baru tahu ternyata ada ya. . Dalil Al Qur’an yg maknaya Sebagian hehehe..
Mukidi : “Haaalah dasar pajero(panjang jenggot tp otak separo) lo.…dikasih tahu malah cengar cengir.. Sekarang gimane ?.. masih tetep gak Percaya ma kebenaran tentang Bid’ah Hasanah ??
Jawaz: Tapikan amalan kaya tahlilan, yasinan dll yang dilakuin aswaja g dilakuin ama nabi dan para sahabat.
Bknkah itu menyelisihi Nash to akhy..??
Mukidi: " Beralih lg pembahasannya..
Baik, gue akan ngajiin lo dikit..
Tidak melakukan itu dalam ushul fiqih disebut " At- Tarku", Jika cuma gara² tidak dilakukan nabi/ sahabat dihukum haram..bagaimana dengan kaidah fiqih berikut bro..
ما دخله الاحتمال سقط به الاستدلال
Dalil yang mengandung beberapa kemungkinan tidak bisa lagi dijadikan dalil (untuk salah satu kemungkinan saja tanpa ada dalil lain)".
Paham lo was???
Jawaz: blasss.. (Sambil ngelus jenggotnya yg awut²an)
Mukidi: gini perkara yg sifatnya umum seperti bid'ah itu harus diperinci jangan dipukul rata..Imam asy-Syafi'i mengatakan:
كل ما له مستند من الشرع فليس ببدعة ولو لم يعمل به السلف
Setiap perkara yg memiliki sandaran dari syara' bukanlah bid'ah meskipun tidak pernah dilakukan oleh ulama salaf."
Jadi patokan bid'ah atau tidak bukan pada pernah atau tidaknya dilakukan nabi/sahabat Waz...
Jawaz: klo nabi/ sahabat nggak nglakuin itu artinya perkara tersebut dilarang akhy.. Klo baik pasti Nabi/sahabat dah paling depan ngelakuinnya.. Tul nggak???
Mukidi: lo ini udah item, ngeyelan lg.. kaidah ushul fiqh:
تَرْكُ الشَّىْءِ لاَ يَدُلُّ عَلَى مَنْعِهِ
"Tidak melakukan sesuatu tidak menunjukkan bahwa sesuatu tersebut terlarang".
At-tark /tidak melakukan bukan berarti menunjukkan keharaman atau kemakruhannya. Jadi at-tark saja tidak menunjukkan keharaman sesuatu jika disertai nash lain yg menunjukkanya.
Jawaz: " contohnya..??? "
Mukidi: klo gue bisa ngasih contoh, gue kerok y jidat gosong lo.. Bagaimana.??
Jawaz: " Ga usah banyak alasan.. Bisa nggak???
Mukidi: " Contohnya Tahlilan.. Walau rosul/ sahabat tidak melakukan acara tahlilan karena tahlilan itu sendiri adanya di Indonesia dengan mengadopsi adat budaya Indonesia bukan budaya Arab untuk di jaman ini.
Jawaz: " Terus.....
Mukidi: " Tahlilan artinya membaca kalimat tahlil dengan cara bersama².. Apakah itu bid'ah.. Dan sesat???
Padahal mebaca kalimat tahlil sangat dianjurkan oleh rosul.
Jawaz: " Iya ana paham kalo membaca tahlil itu memang dianjurkan.. Tapi kenapa harus bersama-sama.??
Mukidi: " Terakhir nih ye.. Baca tahlil sendiri lo bilang boleh, tapi kalo bersama-sama kok lo nglarang.. Bukankah dzikir itu perkara yang baik, klo dilakukan bersama² kenapa jadi haram Waz..???
Jawaz:" Bener juga antum...
Mukidi: " Sini gue kerokin tuh jidat lo.. Biar otak lo nggak item Kya jidat lo..
Jawaz": enak aja.. Nih tanda hasil ana sujud akhy.. Klo dikerok ntar nggak ada yg ngakuin ana ahli sujud...
Mukidi: " Ahli sujud kok dijidat.. Harusnya disini nih.. (Sambil nunjukin dada)... Ya udah minggat sono.. Gue neg lihat lo.. Dah ngeyelan pekok lg..
Jangan lupa kopi lo bayarin.. Jangan ngutang mulu..
Setelah membayar kopi....Jawazpun pergi dengan perasaan galau.. Sambil bergumam.. " Ana ini ustadz.. Kok malah diceramahin orang stres.. Apa ana lebih goblok dari dia ya..????
Sekian.!!
No comments:
Post a Comment