Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Friday, January 4, 2019

SYAIR AL HALLAJ

SYAIR AL HALLAJ

Pada saat akan menjalankan hukuman, Al Hallaj di keluarkan dari penjara, banyak orang yang menyaksikan peristiwa tersebut termasuk kaum sufi yang pada masa khalifah Al Muqtadir dianggap kaum oposisi terhadap kerajaan yang hanyut dalam kemewahan, di antara mereka tampak Abu Bakar Al Syibli dan Abill Hasan Al Wasithi, pada saat akan di pancung Al Hallaj bertanya ke Al Syibili “adakah kau membawa sajadah?”. “Ada”, jawab As Syibili.
Beliau lalu membentangkan sajadah dan shalat dua rakaat, usai shalat Al Hallaj Melantunkan sebuah syair :
“Aku mmencari tempat ketentraman di atas bumi
Tahulah aku, bukan di bumi tempat ketentraman
Kuikuti saja kehendak mauku
Akupun di perbudak oleh nya
Kalau kucukupkan yang ada
Akupun merdekalah”
Mendengar lantunan syair tersebut, murid  murid Al Hallaj yang hadir menyaksikan hukuman tersebut serta merta berlinangan air mata, Al Hallaj melanjutkan senandungnya ;
“Aku tidak serahkan diriku memikul kesakitan
Hanyalah kutahu bahwa maut jualah yang akan menyembuhkan aku
Satu pandangan daripada engkau
Wahai tempatku bermohon himpunan cita – citaku
Lebih nyaman bagiku daripada dunia sekaligus isinya
Jiwa yang sedang menderita, sabar menderita
Semoga yang menjemput, dia sendiri yang mengobati”.
(Prof. DR. Hamka;Tasawuf dan pemurniannya)

No comments: