Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Friday, March 16, 2018

CARA ZIARAH KUBUR VERSI SALAF


CARA ZIARAH KUBUR VERSI SALAF
Muhammad Idrus Ramli
4 hrs
CARA ZIARAH KUBUR VERSI SALAF
قال المروروذي سمعت أحمد بن حنبل يقول إذا دخلتم المقابر فاقرؤوا آية الكرسي ثلاث مرات وقل هو الله أحد ثم قولوا اللهم فضله لأهل المقابر.
Al-Marwarrudzi berkata: “Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila kalian memasuki kuburan maka bacalah Ayat Kursi tiga kali dan Qulhuwallaahu ahad, lalu katakan, “Ya Allah, keutamaan bacaan tadi aku hadiahkan untuk ahli kubur.”
قال المروروذي سمعت أحمد بن حنبل يقول إذا دخلتم المقابر فاقرؤوا بفاتحة الكتاب والمعوذتين وقل هو الله أحد واجعلوا ثواب ذلك لأهل المقابر فإنه يصل إليهم.
Al-Marwarrudzi berkata, “Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata, “Apabila kalian memasuki kuburan maka bacalah Surah al-Fatihah, Mu’awwidzatain (Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbinnaas) dan Qulhuwallaahu ahad dan jadikanlah pahala bacaan tersebut untuk ahli kubur, karena pahala tersebut akan sampai kepada mereka. (Demikian riwayat Abu Ya’la dalam Thabaqat al-Hanabilah juz 1 hlm 264).
Riwayat di atas memberikan beberapa pesan:
Pertama, dianjurkan ziarah kubur untuk mendoakan ahli kubur dan memberikan hadiah pahala bacaan al-Qur’an kepada ahli kubur.
Kedua, Imam Ahmad bin Hanbal menganjurkan agar ketika ziarah kubur membaca Ayat Kursi tiga kali, Qulhuwallaahu ahad, Qul a’udzubirabbil falaq dan Qul a’udzu birabbinnaas. Lalu pahala bacaan tersebut dihadiahkan kepada ahli kubur.
Ketiga, menurut Imam Ahmad bin Hanbal, hadiah pahala bacaan al-Qur’an bisa sampai kepada orang yang telah meninggal.
Keempat, tuntunan di atas adalah hasil ijtihad Imam Ahmad bin Hanbal, tanpa ada tuntunan langsung dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini dalam bahasa ilmu fiqih disebut dengan bid’ah hasanah versi Imam Ahmad bin Hanbal.
Kelima, komposisi bacaan di atas, oleh umat Islam dimasukkan ke dalam bacaan Tahlil seperti yang menjadi tradisi umat Islam di dunia. Wallahu a’lam

No comments: