Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Monday, June 8, 2020

Mustahaknya Tasauf

ZIKIR ASMA ALLAH
Imam al Ghazali Rahimahullah mengisahkan pejalanannya:
ثُمَّ إِنِّيْ لَـمَّا فَرَغْتُ مِنْ هذِهِ الْعُلُوْمِ أَقْبَلْتُ بِهِمَّتِيْ عَلى طَرِيْقَةِ الصُّوْفِيَّةِ وَعَلِمْتُ أَنَّ طَرِيْقَتَهُمْ إنِـَّمَا تَتِمَّ بِعِلْمٍ وَعَمَلٍ وَكَانَ حَاصِلُ عَمَلِهِمْ قَطَعَ عُقُبَاتِ النَّفْسِ وَالتَّنَزُّهِ عَنْ إِخْلاَقِهَا الْـمَذْمُوْمَةِ وَصِفَاتِهَا الْـخُبْثَة حَتّى يَتَوَصَّلُ بِهَا إِلى تـَخْلِيَةِ الْقَلْبِ عَنْ غَيْرِ اللهِ وَتـَحْلِيَتِه بِذِكْرِ اللهِ.
“Kemudian sesudah aku menyelesaikan pelajaran-pelajaran ilmu ini, aku menghadapkan keinginanku menurut jalannya orang-orang Tasawuf. Aku mengetahui bahwa jalan mereka itu dapat sempurna hanya dengan ilmu dan amal. Dan hasil amal itu memotong segala gangguan penghalang hawa nafsu, membersihkan akhlaq yang tercela dan sifat-sifat yang kotor, sehingga berhasil mengosongkan diri selain Allah, mengisinya dengan menyebut Asma Allah”. [Ihya’ II: 29]
Sehubungan dengan itu maka berkata Syaikh Abul Hasan as Syadzili Rhm:
مَنْ لـَّمْ يَتَغَلْغَلْ فِيْ هذَا اْلعُلُوْمِ مَاتَ مِصْرًا عَلىَ اْلكَبَائِرِ وَهُوَ لاَيَعْلَمُ
“Barang siapa tiada mempelajari (menyelami) di dalam Ilmu Tasawuf ini, niscaya ia mati dalam keadaan mengekali atas dosa-dosa yang besar, sedangkan ia tiada menyadari (mengetahuinya)”.
Sheikh Abdush Shamad al-Falembani paling menonjol di bidang tasawuf dengan dua buah karyanya yang paling terkenal dan masih beredar di pasaran kitab sampai sekarang Hidayatus Salikin dan Siyarus Salikin.
Kitab Siyarus Salikin - Syeikh Abdul Shamad al-Falembani (1704M - 1789M)
*Zawiyah Tarekat Khalwatiyah Sammaniyah*
Fb Irsan Daeng Mangngerang

No comments: