Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Monday, February 8, 2016

SOSOK AGUNG SYEKH MUHAMMAD ABD. MALIK BIN ILYAS GURU DARI HABIB LUTHFI

SOSOK AGUNG SYEKH MUHAMMAD ABD. MALIK BIN ILYAS GURU DARI HABIB LUTHFI

As-Syaikh Muhammad Abdul Malik bin Ilyas adalah sosok ulama yang sa­ngat di­segani di Jawa Tengah. Ia dikenal se­bagai ulama yang mempunyai kepri­badi­an yang sabar, zuhud, tawadhu’, dan si­fat-sifat mulia

Syaikh Abdul Malik semasa hidup­nya adalah mursyid dua thariqah besar, yaitu Thariqah An-Naqsabandiyah Al-Khalidi­yah dan Thariqah Asy-Syadzi­liyah. Sa­nad Thariqah An-Naqsaban­diyah Al-Khalidiyah ia peroleh secara langsung dari ayahnya, yakni Syaikh Muhammad Ilyas, sedangkan sanad Thariqah Asy-Sadziliyah diperolehnya dari Sayyid Ahmad An-Nahrawi Al-Makki, Makkah.

Dalam hidupnya, Syaikh Abdul Malik memiliki dua amalan wirid utama, yaitu membaca Al-Qur’an dan shalawat. Ia membaca shalawat sebanyak 16.000 kali setiap harinya dan sekali menghatam­kan Al-Qur’an. Adapun shalawat yang diamal­kan adalah shalawat Khidhir AS, atau lebih sering disebut Shalawat Rah­mat, yakni “Shallallah ‘ala Muhammad”. Dan itu adalah shalawat yang sering ia ija­zahkan kepada para tamu dan murid­nya. Adapun shalawat-shalawat yang lain seperti Shalawat Al-Fatih, Al-Anwar, dan lain-lain.

Di samping dikenal memiliki hubung­an yang baik dengan para ulama besar umumnya, Syaikh Abdul Malik juga mem­punyai hubungan yang sangat erat de­ngan ulama dan habaib yang oleh banyak orang dianggap telah mencapai derajat waliyullah, seperti Habib Sholeh bin Muh­sin Al-Hamid (Tanggul, Jember), Habib Ahmad Bafaqih (Yogyakarta), Habib Husein bin Hadi Al-Hamid (Brani, Probo­linggo), K.H. Hasan Mangli (Mage­lang), Habib Hamid Bin Yahya (Soka­raja, Ba­nyumas).

Foto: Al Allamah Al Arifbillah As-Syaikh Muhammad Abdul Malik bin ilyas bersama Murid Terkasihnya Al Allamah Al Arifbillah Maulana Al Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=812290532250127&id=118606844951836

No comments: