Inilah Jalan Sufi Headline Animator

Whatsap Saya

Pencerahan Bid'ah

Thursday, May 12, 2016

Tahukah Anda berapa jumlah karangan imam as Suyuthi ?

KEBERKAHAN UMUR

Tahukah Anda berapa jumlah karangan imam as Suyuthi ?. Sebagian sumber menyatakan, 576 karya (Haajii Khaliifah, Kasyf azh Zhunuun). Yang lain menyatakan, 600 buah karya (Ibn Iyaas, Taariikh Mishr). Satu karya beliau terkadang terdiri dari belasan jilid. Beberapa karya beliau yg sangat populer, di antaranya adalah al Asybaah wa an Nazhaa-ir, al Itqaan fii ‘Uluum al Qur’aan, al Jaami’ ash Shaghiir dan al La’aali’ al Mashnuu’ah.

Imam as Suyuthi lahir pada thn 849 H dan wafat dlm usia 62 thn pada 911 H. Beliau mulai aktif mengarang pada usia 17 tahun. Jadi, mulai usia 17 thn sampai wafatnya, terbentang waktu 45 thn yg menghasilkan 600 buah karya dalam berbagai disiplin ilmu keislaman.

Dalam satu hari, mungkin puluhan bahkan ratusan atau bisa jadi ribuan lembar tulisan yg dapat beliau hasilkan. Padahal yg beliau lakukan dalam keseharian tidak hanya menulis, tp jg mengajar, makan, minum, shalat fardlu dan sunnah, istirahat, berdzikir, mencari nafkah, menerima tamu, berinteraksi dgn masyarakat sekitar dan lain sebagainya.

Bagi sy, hal itu sama sekali tidak mengherankan. Karena sy meyakini sepenuhnya adanya keberkahan umur dan keberkahan waktu. Kecerdasan, ditambah dgn barakah yg Allah limpahkan pada usia dan waktu beliau, menjadikan setiap detik yg beliau lalui penuh dgn kebaikan yg berlimpah dan berbuah banyak pahala.

Imam as Suyuthi menulis dgn hanya ditemani temaram lampu minyak tanah dan menulis dgn pena yg terlebih dahulu harus diraut supaya tajam.

Saat ini, berbagai kemudahan tersedia. Komputer, laptop, printer, scanner, internet, lampu listrik dan berbagai fasiliti lainnya seharusnya menjadikan kita lebih produktif dibanding beliau. Tp kenyataannya ???.

Lagi2, faktor barakah yang menjadi pembeda.

No comments: